Sejarah Internet

MEUTRAP - Pada kesempatan yang lalu saya pernah menulis artikel tentang Internet Gratis dan sebagainya, jadi tidak salahnya pada kesempatan ini kita mempelajari tentang  Sejarah Internet



Internet kini seakan sudah menjadi kehidupan kedua bagi kebanyakan orang. Melalui internet kita akan dengan mudah menemukan berbagai informasi terupdate dari seluruh mancanegara. Melalui internet pula kita akan mudah berinteraksi dengan seluruh pengguna internet dari seluruh mancanegara. Setiap hari pengguna internet yang aktif sudah hampir seluruh orang di seluruh dunia, sebab internet digunakan saat bekerja atau untuk kegiatan apa saja. Meski hampir seluruh orang menggunakan internet setiap hari, mungkin sebagian besar tidak mengetahui mengenai Sejarah Internet, siapakah yang menemukan internet pertama kali dan dimana pertama kali internet digunakan.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

19 Responses to "Sejarah Internet"

  1. Replies
    1. iya mizz aiza,
      hehe
      terima kasih kunjungannya.

      Delete
  2. aku jd inget plajaran SMP :D
    btw, tukeran link yuk gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saling mengingatkan serta mengulang pelajaran,
      oek sip gan

      Delete
  3. Mantap mas artikelnya, saya jadi tahu tentang sejarah internet. terima kasih informasinya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sama-sama kak ririn,
      terima kasih kunjungan rutinnya.

      Delete
  4. wah mantap mas artikelnya, mau nambahin dikit ah.. :)
    Pada awalnya, internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, e-mail/messaging, ataupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks. World Wide Web (WWW) mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Meskipun begitu, WWW browser yang pertama lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada 1992 dengan nama Viola. Viola di luncurkan oleh Pei Weidan didistribusikan bersama CERN WWW. Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih yang kita gunakan saat ini.
    Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994 yang dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali di aplikasikan oleh Firs Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke internet bagi masyarakat umum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap mas tambahannya,
      terima kasih sudah mau lengkapi artikel saya,
      terima kasih juga sudah berkunjung ke meutrap.
      di tunggu follow-nya mas,

      Delete
  5. Oh jadi gitu sejarah internet pada awal mulanya yah, jadi menambah wawasan mengenai internet di dunia, makasih sob udah sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, saling berbagi ilmu supaya nambah wawasan
      bagi orang yang belum tau,
      terima kasih kunjungannya mas.

      Delete
    2. iya sob sama-sama, sukses selalu yah :)

      Delete
    3. iya sob,
      mudah-mudahan saja,
      amien

      Delete
  6. baru tau nih saya sejarah internet ,,, nice posting gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sharing membuat kita jadi nambah wawasan,
      berbagi itu indah gan,
      terima kasih kunjungannya mas,
      ditunggu follow-nya

      Delete
  7. Wahhh Ternyata Internet Aja Punya Sejarah Yah hehe
    Saya Baru tahu ^_^
    Thanks yah Gan atas Infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kalau tidak ada sejarahnya,
      mana mungkin internet bisa terciptakan,
      sama-sama mas,
      terima kasih kunjungannya

      Delete

1. Budayakan berkomentar dengan bahasa indonesia yang benar
2. Jangan mencoba berkomentar dengan komentar yang tidak berguna
3. Jangan meletakkan link yang aktif di komentar
4. Berkomentarlah seperlunya