Protokol-protokol yang ada di dalam dunia Internet


MEUTRAP - Beberapa waktu yang lalu saya telah menulis artikel tentang Sejarah Internet. Pada kesempatan ini saya ingin menulis artikel tentang Protokol-protokol yang ada di dalam dunia Internet. Sebelum kita belajar tentang internet, terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang apa saja protokol-protokol yang terdapat dalam internet. Protokol merupakan himpunan aturan-aturan yang memungkinkan komputer satu dapat terhubung dengan komputer lainnya. Aturan-aturan ini meliputi tatacara bagaimana agar komputer saling berkomunikasi, biasanya berupa bentuk(model) komunikasi, waktu(saat berkomunikasi), barisan (traffict saat berkomunikasi), pemeriksaan error saat transmisi data, dan lain-lain.

Bila dicontohkan dengan komunikasi verbal manusia, maka protokol adalah aturan-aturan yang disepakati bersama antara orang yang saling berbicara agar bisa saling memahami. Kesepakatan itu bisa berupa bahasa yang digunakan , ruang dan waktu yang digunakan atau tempat yang digunakan untuk berkomunikasi. Kalau berjauhan maka media apa yang bisa membantu untuk memperlancar komunikasi. Yang penting kita bisa saling mengerti maksud yang disampaikan, dan memahami tujuan yang diinginkan.

Dipandang dari sudut komunikasi data, ada beberapa protokol yang banyak digunakan dalam internet, diantaranya:

1. TCP/IP
TCP/IP merupakan protokol standar pada jaringan internet yang tidak tergantung pada jenis komputer yang digunakan. Dengan menggunakan TCP/IP akan memungkinkan berbagai komputer berinteraksi satu dengan komputer lainnya tanpa mengalami masalah yang berarti.

2. IPX/SPX
IPX/SPX adalah protokol standar pada jaringan Novell Netware, untuk mengatasi masalah internetworking pada jaringan PC. Kenyataannya sering kali IPX dijalankan berkaitan dengan TCP/IP karena lebih menguntungkan.

3. APPLETALK
Protokol AppleTalk dicipatakan oleh perusahaan Apple Computer, diterapkan pada jaringan dengan komputer mesin mesin Apple, yang diperkenalkan pada tahun 1985. Protokol ini mendukung teknologi milik Apple.

4. NETBIOS
NetBIOS digunakan dalam Microsoft Work Group dengan metode peer to peer. Protokol NetBIOS memberikan layanan pada session layer dan transport layer (layer 4 dan 5 dalam model OSI). NetBIOS tidak menyediakan format frame untuk kelebihan transmisi jaringan dikarenakan adanya berbagai macam perbedaan implementasi NetBIOS yang terjadi.

5. DECNET (Digital's Communication Network)
DECnet mengubungkan PDP,VAX,PC, Mac dan workstation lainnya. dalam filosofi DECnet, sebuah node harus dapat menjadi mesin pintar dan tidak sesederhana sebuah terminal seperti pada sistem lainnya.DECnet/DOS memperkenankan mesin DOS yang berfungsi sebagai node di jaringan DECnet, dan DECnet/OSI adalah implementasi dari DECnet Phase V yang mendukung OSI dan menyediakan compatibility dengan DECnet Phase IV maupun TCP/IP.

6. PPP (Point-to-Point Protokol)
PPP adalah data link protokol yang menyediakan akses dial-up melalui port serial. PPP dapat dijalankan pada beberapa link full-duplex dari POTS ke ISDN hingga jalur berkecepatan tinggi (T1, T3, dll.).

7. SNA (Systems Network Architecture)
SNA menjadi standar jaringan mainframe IBM yang diperkenalkan pada tahun 1974. Awalnya merupakan arsitektur terpusat dengan sebuah host komputer yang mengatur banyak terminal. SNA mengalami banyak perkembangan, seperti APPN dan APPC (LU 6.2), yang telah mengadaptasikan SNA ke dalam komunikasi peer to peer dalam lingkungan komputer terdistribusi.\

8. SNMP (Simple Network Management Protocol)
SNMP adalah sebuah protokol yang digunakan untuk memantau dan mengontrol jaringan dari tempat lain (jauh).

9. SLIP (Serial Line IP)
Sebuah data link protocol untuk dial-up access ke jaringan TCP/IP. Biasanya digunakan untuk mendapatkan akses internet. SLIP mengirimkan paket IP melalui serial link (dial-up atau private line).

8 Responses to "Protokol-protokol yang ada di dalam dunia Internet"

  1. Wow bagus sekali artikelnya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung disimak gan,
      terima kasih kunjungannnya.
      jangan lupa follow blog saya.

      Delete
  2. Replies
    1. iya kak,
      harus tau penggunaannya dimana saja.
      terima kasih kunjungannya ya kak!

      Delete
  3. jd itu to yg disebut protokol.., baru tau sy, makasih
    salam kenal, folbek ya sob.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob,
      salam kenal juga,
      langsung menuju ke TKP sob,
      terima kasih sudah mengikuti blog saya.

      Delete
  4. Izin nyimak aja mas, soalnya nggak begitu paham soal protokol hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kak langsung saja disimak,
      kalau merasa kurang tau langsung komentar ya!

      Delete

1. Budayakan berkomentar dengan bahasa indonesia yang benar
2. Jangan mencoba berkomentar dengan komentar yang tidak berguna
3. Jangan meletakkan link yang aktif di komentar
4. Berkomentarlah seperlunya