Fungsi Root di Android


MEUTRAP - Sahabat Meutrap sebelumnya saya sudah pernah membahas Misteri di balik versi Adroid, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Fungsi Root di Android. Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna. Dengan melakukan root Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini.

Kenapa pengembang sistem operasi Android tidak memberikan akses root sejak awal?
Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna secara tidak sengaja maupun sengaja mengubah atau menghilangkan satu atau beberapa file sistem, maka dapat menyebabkan kinerja handphone atau tablet menjadi tidak stabil, rusak dan yang paling parah brickatau handphone tidak dapat menyala, oleh karena itu pengembang Android membatasi akses ke file sistem.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android


1. Kekurangan Root Android 

  • Dapat menghilangkan garansi handphone

    Kenapa rooting Android dapat menghilangkan garansi? Root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Analoginya seperti ini, apabila Anda membeli komputer buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer.

    Jika kita ingin meningkatkan kemampuan komputer, misalnya dengan mengganti kartu grafis komputer dengan yang lebih baik, otomatis kita harus membukacasing komputer dan secara otomatis akan merusak segel garansi. Apakah dengan membongkar casing akan menyebabkan komputer menjadi rusak? Tentu saja tidak.

    Namun, jika terjadi kerusakan apakah akan menghanguskan garansi? Sudah jelas, karena pihak service center melihat bahwa segel garansi telah rusak dan memberi vonis bahwa komputer rusak karena dibongkar, padahal kerusakan disebabkan faktor lain.

    Sama halnya dengan root Android. Jika HP Anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan Anda membawa ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

    Namun sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali.

    Catatan: Bila ingin membawa HP ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga factory reset (menghilangkan semua data dan aplikasi yang terinstall)
  • Masalah keamanan

    Sebenarnya untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan. Dikatakan bahwa dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojandapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.

    Namun demikian, sebenarnya walaupun HP tidak di root, apabila pembuat virus memang “berniat jahat”, maka tanpa root pun, aplikasi virus dapat dengan mudah mengakses sistem file.

2. Kelebihan Root Android 
  • Dapat menginstall custom ROM.

    Apa itu custom ROM? Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Catatan: dengan melakukan root bukan berarti Anda dapat langsung melakukan instalasi Custom ROM, namun kebanyakan handphone Android membutuhkan akses root bila ingin diinstall custom ROM.
  • Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel.

    Salah satu pengaturan yang dapat dilakukan adalah overclock processor. Dengan melakukan overclock, processor dapat “dipaksa” kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja ponsel. Namun demikian, overclock dapat memperpendek usia processor, membuat baterai lebih boros dan cepat panas dan juga ada kemungkinan menyebabkan sistem menjadi tidak stabil.

    Catatan: Pada umumnya, dengan hanya melakukan root saja, Anda tidak akan secara otomatis dapat melakukan OverClock processor, kecuali kernel dari handphone/tablet Android mendukungnya. Namun dengan melakukan root, Anda dapat melakukan underclock processor atau menurunkan kecepatan processor agar konsumsi baterai lebih irit.
  • Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik

    Dengan melakukan root, kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna. Sebaiknya jangan dilakukan bila tidak terlalu diperlukan.

3. Kesimpulan yang dapat di ambil dari Root Adroid
Proses Root Android berguna untuk membuka akses ke sistem Android. Keuntungan root Android secara garis besar adalah memiliki kontrol penuh terhadap handphone / tablet. Kontrol penuh tersebut bila tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan kerusakan sistem. Jadi, jika Anda masih merasa puas atau cukup dengan kemampuan serta fasilitas handphone Android yang dimiliki, maka proses root sebaiknya tidak usah dilakukan.

Baca juga artikel MEUTRAP Cara mengatasi RamDump di Samsung Galaxy gt-s5570 mini. 

40 Responses to "Fungsi Root di Android"

  1. Replies
    1. btw, makasih untuk info root androidnya mas,,,
      sangat bermanfaat sekali buat yang belum tahu apa itu root android..hehe

      Delete
    2. iya sob,
      sama-sama, saling berbagi.

      Delete
  2. Katanya harga jualnya juga turun ya mas....????

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga juga sob, kalau kita coba unroot kan handphone nya
      jadi normal kembali.

      Delete
  3. saya baru tahu istilah root gan, seperti sistem operasinya ya gan, harus hati-hati dengan root kalau filenya hilang bisa cacat os androidnya. tapi saya juga penasaran untuk mengoprek2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. root ini bukan sistem operasi, melainkan aplikasi yang
      dipasang di smartphone android, silahkan sob dipelajari
      dan dioprek semaunya.

      Delete
  4. Jadi lebih tau mengenai android gan walau belum punya sih :D

    ReplyDelete
  5. hmm mengenai adroid lagi nih. Mau nanya harga adroid tu brapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang murah ada yang mahal sob,
      tergantung merek dan spesifikasinya.

      Delete
    2. Kira-kira yang paling murah berapa ya?

      Delete
    3. ada juga android mas yang harganya di bawah satu juta,
      tapi speknya lebih rendah lagi.

      Delete
  6. wah ternyata agak rumit juga ya android itu. Untung saja saya belum punya hape android mas hehehe ^^
    btw thanks share nya ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga juga kak,
      android menyenangkan lo kak, apalagi bisa dimodifikasi
      dibandingkan smartphone yang lain lebih enak menggunakan
      android kak, itu sih menurut saya kak.

      Delete
    2. wah saya malah masih setia sama hape jadul mas, soalnya nggak ribet. Kan pada dasarnya fungsinya sama saja, yakni sama-sama bisa untuk telpon dan smsan hehehe :D

      tapi kalau ada yang ngasih saya android, pastia akan saya terima hehehe ^^

      Delete
    3. hehe,
      tapi kebutuhan saya lebih dari sms dan teleponan.
      makanya saya suka sama android,
      hehe
      itu sih siapa yang gak mau,
      saya juga mau kak,
      oya kak add facebook saya dulu di contact
      aroy tok tok's.

      Delete
  7. Prinsipnya dapat dimodifikasi gitu handphone nya!

    ReplyDelete
  8. Masalah keamanan nampaknya paling vital sob, selain itu garansai juga. :D

    ReplyDelete
  9. tenyata banyak juga yah mas mengenai hp android, saya bru tau mas tentang root android, soalnya tidak punya android mas.. :-)

    trimakasih share nya mas.. Sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,
      disimak saja sob kalau belum punya android.

      Delete
    2. iya mas.. Hp saya masih jadul banget.. Blm kuat untuk beli hp model skrng.. Tpi tidak apa apa deh.. Yang penting masih bisa buat halo - haloan dan masih bisa buat blogwalkin di blognya mas meutrap.. Hehe..

      Delete
    3. saya cuma baru sekarang pake android,
      dulunya cuma pake bisa buat telponan saja,
      sekarang kebutuhan saya sudah lebih lagi.
      makanya saya beli android walaupun merek cina
      yang penting.

      Delete
  10. gitu ya mas fungsi root di hp android. saya dulu sempat mau ngeroot andoid saya, tapi saya takut rusak. akhirnya nggak jadi saya root..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob,
      saya belum sampai sebulan beli android sudah saya root,
      berani ambil resiko.
      hehehe.

      Delete
  11. saya ikut menyimak saja ya mas...karena gak punya android hehe

    ReplyDelete
  12. Asyik memang nge-root di Andro, tapi sekalinya salah bisa fatal. Pengalaman saya minimal HH nya brick. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,
      asyik juga, tapi ada resikonya,
      pengalaman yang sangat berat ya sob!

      Delete
  13. ane dach root gan
    lumayan memuaskan lah mas
    tapi gtw benar apa fungsi root itu
    untung ada mas bagi di sini
    thanks mas atas ilmu-nya

    ReplyDelete
  14. akhirnya ketemu juga penjelasannya :D
    ane lagi cari" ini gan

    ReplyDelete
  15. Bro bukannya kalau di root perlu unlock bootloader.. walaupun di unroot bootloader yg sudah terunlock tidak dpt dikembalikan seperti semula.. pengaruh garansi atau tidak kan dari unlock bootloader ini. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kurang tau saya sob,
      terima kasih atas masukannya sob,
      sangat membantu saya dalam mempelajari istilah
      root.

      Delete
  16. Players can consider all of the options of the slot in demo mode. A low deposit feature is also be|can be} obtainable to players to familiarize themselves with the options of 1xbet the slot machine. Tennis Champions considered one of the|is amongst the|is probably considered one of the} greatest low-stakes tennis bonus slots. It is a complete recreation of likelihood, and bets are based on which two bins will win. The aim is to guess which box the joker will land in from a pack of playing cards.

    ReplyDelete

1. Budayakan berkomentar dengan bahasa indonesia yang benar
2. Jangan mencoba berkomentar dengan komentar yang tidak berguna
3. Jangan meletakkan link yang aktif di komentar
4. Berkomentarlah seperlunya