Cara Memotret Makro Dengan HP

MEUTRAP - Sahabat Meutrap sudah lama saya tidak menulis artikel di blog tercinta ini, dikarenakan aktifitas yang padat, kuliah yang tidak kunjung selesai, mungkin ini faktor yang sangat membosankan untuk menulis sedikit artikel.

Pada kesempatan ini saya akan membahas yaitu Teknik Fotografi Makro Menggunakan Kamera HP, sahabat meutrap sendiri pastinya punya handphone yang memiliki kamera tentunya ingin memotret sebuah objek dengan hasil makro, di bawah ini saya akan menjelaskan teknik-teknik foto makro dengan bermodal Hp/ Smartphone.

Fotografi makro (macro) merupakan salah satu trik ataupun teknik pengambilan foto objek yang berukuran kecil dengan jarak yang sangat dekat. Objek disini bisa jadi berupa benda-benda kecil, bunga maupun hewan seperti semut yang memang ukurannya sangat kecil dibandingkan manusia.

Hasil foto makro akan memfokus objek yang kita ambil sehingga latar yang akan dihasilkan akan diblur, dan objek yang kita ambil akan terfokuskan detailnya. Pada dasarnya teknik foto makro ini menggunakan kamera DSLR, akan tetapi dengan perkembangan teknologi kita bisa memanfaatkan ponsel kita untuk menghasilkan foto dengan ukuran makro.

Kebanyakan dari kamera ponsel atau HP sekarang sudah ada fitur makro bawaan dari pabrikannya, baik Iphone, Android, maupun Windows. Akan tapi banyak orang yang jarang menggunakan fitur dari kamera HP mereka.


Alat yang kita gunakan hanya bermodalkan lensa tambahan, lensa tersebut sudah banyak dipasarkan, namun saya menggunakan kamera tustel jadul untuk eksperimen foto makro. Lensa yang saya maksud adalah lensa utama kamera tustel jadul. Selengkapnya lihat gambar di bawah ini:
Teknik makro menggunakan lensa tustel jadul

Dan lensa yang diambil seperti gambar di bawah ini:

Memotret makro menggunakan lensa

Langkah-langkah untuk memotret makro:
  1. Bersihkan kaca lensa kamera terlebih dahulu, dan jangan lupa lensa tustel jadulnya juga dibersihkan.
  2. Pasangkan lensa yang sudah kita ambil dari tustel, bisa kita pasang atau tempel menggunakan double tip(perekat timbal balik).
  3. Ganti fokus kamera hp ke mode makro untuk hasil yang lebih puas.
  4. Pilih objek yang lebih terang dan sangat dekat untuk menghasilkan fokus yang sangat tepat.
  5. Untuk memotret usahakan kamera jangan goyang, sampai kita menekan tombol shutter/ foto.
Ini contoh dari hasil yang saya ambil:











Hasilnya sangat memuaskan bukan. Cobalah melakukan teknik ini dengan objek yang terang, usahakan pada saat memotret objek jangan sampai goyang hingga hasil yang kita target terfotret dengan jelas. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Memotret Makro Dengan HP"

Post a Comment

1. Budayakan berkomentar dengan bahasa indonesia yang benar
2. Jangan mencoba berkomentar dengan komentar yang tidak berguna
3. Jangan meletakkan link yang aktif di komentar
4. Berkomentarlah seperlunya