Fitur Android lollipop 5.0 kelebihan dan kekurangan

MEUTRAP - Hai sahabat Meutrap, bagi anda pecinta Android sudah saatnya sekarang untuk melihat update dari operasi system Android terbaru yaitu Android Lollipop, pada kesempatan kali ini Meutrap akan mencoba mengulas tuntas fitur-fitur dari Lollipop 5.0 (android terbaru), mungkin bagi anda pecinta Android pasti penasaran apa sih keunggulan dari Android Lollipop? Dan di Smartphone yang mana yang akan dirilis android terbaru ini. Mari simak ulasan yang sudah Meutrap rangkum berikut ini.



Android Lollipop 5.0 sudah diluncurkan. Apa yang baru? Peluncuran versi system Operasi Android ini juga dibarengi dengan peluncuran Smartphone terbaru yaitu Nexus 6, dan tablet Nexus 9. Android Lollipop merupakan update yang paling signifikan dalam sejarah Android. Misalnya antarmuka yang benar-benar diatur  dengan nuansa "datar" yang modis. Selain itu, Google juga memodifikasi  sistem notifikasi yang lama yang nampak pucat dan suram, jika dibandingkan dengan milik Samsung, LG, atau buatan pihak lain yang dapat ditemukan di Google Play Store.

Pilihan multitasking juga mendapat dorongan dengan sistem kartu Google Now, dan banyak juga perubahan lain yang tidak terlihat, misalnya compiler 64-bit dan Project  Volta untuk menghemat baterai. Mari simak satu persatu fitur dari Android Lollipop 5.0.

1. Material Desain terbaru

Tampilan bahasa terbaru Android yang terinspirasi oleh alam, fisika, dan berani, tampilan grafis tampak seperti cetakan. Dengan kata lain, desain yang didasarkan pada kualitas kertas. Untuk mengesankan Material Desain, terlihat seperti metafora material  "menggunakan atribut taktil  yang familiar" dan "pencahayaan yang realistis" untuk memberikan "ruang rasionalisasi" dan "sistem gerak".
Kelebihan kedua adalah gerak. Google sangat spesifik tentang bagaimana Android bergerak pada layar perangkat Android. Seluruh aksi berlangsung dalam satu lingkungan Objects disajikan kepada pengguna tanpa menggangu aktifitas bahkan saat mereka mengubah dan mereorganisasi. Feedbacknya halus dan jelas.

2. Android on all screen

Android Lollipop menggunakan konsep all-screen(semua layar)  yang bisa menyesuaikan perangkat ketika digunakan di ponsel, tablet, laptop, TV, mobil, jam tangan, dan elektronik rumah.

3. Desain notifikasi terbaru

Notifikasi di Android Lollipop didesain dengan notifikasi terbaru. Sistem notifikasi yang ditingkatkan bisa menampilkan prioritas dan menyembunyikan apa saja yang tidak diprioritaskan.
Fitur yang lebih mantap dari notifikasi yang baru adalah bagaimana cara muncul di atas dari aplikasi apa saja yang sedang digunakan, memungkinkan untuk melihatnya tanpa berpindah-pindah tampilan. Bukan itu saja, kita  bisa mengabaikan, dan mengintrol dengan mudah.

4. 64-bit ART compiler

Ini  merupakan perubahan revolusioner di Android juga. Menggantikan Dalvik compiler ke ART yang efisien, membuat Android benar-benar cross-platform pada ARM, x86 dan MIPS.

ART compiler secara keseluruhan akan mengoptimalkan system kerja memori dan aplikasi ketika loading, jadi Google menghadirkan kinerja hingga dua kali lebih cepat dari sebelumnya. Selain itu, semua ART 64-bit, sehingga dapat mengambil keuntungan dari aplikasi baru yang ditulis dari groundup untuk pengolahan arsitektur 64-bit, seperti prosesor Cortex-A57 ARM yang baru. 

5. Proyek Volta untuk meningkatkan daya tahan baterai

Proyek Volta adalah tambahan alat baru yang memungkinkan pengembang untuk lebih mudah mencari tahu bagaimana dan mengapa sebuah aplikasi mempengaruhi daya tahan baterai, dan alat itu untuk memastikan tugas-tugas tertentu agar tidak aktif ketika baterai melemah.
Bagian pertama dari Battery Historian. Ini memberikan rincian catatan ketika baterai terkuras dan apa sebenarnya penggunaan yang menyebabkannya untuk  membantu pengembang mengidentifikasi fitur yang memakan terlalu banyak daya baterai. Berikutnya adalah API Job Scheduler, yang membuatnya lebih mudah bagi pengembang Android untuk memilih tugas yang dilakukan, tugas-tugas yang menguras baterai bisa dilakukan saat pengisian, atau perangkat akan menghindari pembaruan aplikasi bila baterai habis.
Tersedia built-in mode Battery Saver, mirip dengan apa yang didapatkan pada Smartphone Samsung atau HTC. Versi Google built-in ini akan menurunkan kecerahan layar, kerja CPU Anda, dan batas update background.

6. Menu recent apps terbaru

Tab recents terbaru, pembagian tab Chrome bisa dibuat menjadi terpisah, bisa diklik, dan berbeda. 

7. Context-aware unlocking

Personal unlocking merupakan konsep cerdas yang dapat memperhitungkan perangkat Bluetooth bahwa ponsel atau tablet sedang terhubung pada lokasi pengguna, bahkan suara unik. Di mana layar yang terkunci dengan kunci pola akan dilewati ketika smartphone Android didekatkan dengan smartwatch.

8. Memisahkan work and play( bekerja dan bermain)

Android Lollipop juga dapat memudahkan user dalam pengoperasian perangkat untuk dua jenis penggunaan, work and play( bekerja dan bermain).  Fitur ini mungkin lahir dari kerjasama antara Google dan Samsung baru-baru ini.

9. Peningkatan pencarian kontekstual

Google juga telah menempatkan penekanan pada 'penemuan kembali', yang berarti bahwa Google Search sekarang akan lebih baik lagi dalam merekam semua aktifitas yang kita lakukan sebelumnya. Keutamaanya adalah pengetahuan fitur Search dari pencarian Google Earth untuk menentukan lokasi.
Cara ini dilakukan dalam sebuah aplikasi terpisah dari pencarian, kemudian dimasukkan dalam hasil yang kita dapatkan untuk permintaan pencarian yang sama, dan kita  dapat melompat tepat ke tempat aplikasi tertentu dan akan mulai tepat di mana kita bisa menghengtikannya.

10. Dukungan API baru,  Bluetooth 4.1, USB audio dan mode Burst Photo

Dalam hal ini SDK Android Lollipop berisi dukungan untuk ribuan API terbaru, dukungan Bluetooth 4.1, USB audio, dan modus bursh photo untuk aplikasi pihak ketiga.

Referensi : Tabloid Pulsa

3 Responses to "Fitur Android lollipop 5.0 kelebihan dan kekurangan"

  1. Secanggih-cangihnya teknologi pasti ada kekurangan dan kelebihan masing-masing ya, seperti android terbaru ini. Tapi kayanya lebih banyak kelebihannya tuh daripada kelemahannya

    ReplyDelete
  2. Yang baru namanya Lollipop.. :D keren juga.. tapi punya saya masih Jelly Bean,

    ReplyDelete
  3. setiap versi memilki kelebihan dan kekurangannya sendiri, dan juga fiturnya selalu diperbaharui dan ditambah disetiap versi android selanjutnya.
    cek artikel serupa di :
    Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

    ReplyDelete

1. Budayakan berkomentar dengan bahasa indonesia yang benar
2. Jangan mencoba berkomentar dengan komentar yang tidak berguna
3. Jangan meletakkan link yang aktif di komentar
4. Berkomentarlah seperlunya