Cara mengembalikan PIN BBM di Android ke semula

MEUTRAP - Sahabat Meutrap semua pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas permasalah yang terjadi di android, khususnya pemakain BBM, terutama pagi pengguna yang suka gonta-ganti ROM so pasti PIN BBM nya akan berubah tentunya tiap ganti ROM, permasalahan ini sering saya alami, bahkan hampir tiap minggu saya gonta-ganti ROM, dibawah ini merupakan permasalahan yang sering terjadi setelah keseringan gonta-ganti ROM di android.



Ia terlalu sering memainkan ponselnya.kadang-kadang Udin lupa makan. Waktu tidurpun kemalaman. Kamalaman sekalibahkan. 

Bila ada rom baru, segeralah mengunduhnya. Mencici, serta mengucapkan: “Ane unduh dulu ya gan,” di kolom komentar.Bilamana ada suatu kejanggalan yang ia temui, kepalanya pusing. Orang-orang menyebutnya bug.

Namun karena keseringan menggunakan ponsel bermerek cross a7s itu, ia akhirnya lumayan paham tentang mengatasi bug. Apalagi,bila ia dilanda krisis ram, ia punkhawatir pula. Sebab ia bisa mengatasinya dengan ram manager, disable service,greenify, tweak dan sedikit pengeditan di build.prop.

Pun paling disyukurinya yaitu, ia berhasil mengembalikan PIN Blackberry Messenger(bbm) lamanya yang hilang. Sebut saja yang demikian adalah pin cantik, yang pertama kali ia sebarkan ketika membeli ponselnya itu.

Bagaimanalah penulis ini menyampaikan kisah keberhasilannya? Ia akan bercerita ketika ponselnya mengalami masalah yang fatal.

Mula-mula ia mencicipi custom rom yang baru saja diunduhnya. Tetapi ternyata ponselnya mengalami bootlop. Ia pun terpaksa menggunakan Splashtool untuk mengembalikan ponselnya itu. Meski ia paham masih bisa diatasi via cwmdan twrp. Namun ia berpendapat bahwa ponselnya itu juga butuh penyegaran.

Usai melakukan flashing, ia langsung saja menuju play store di ponselnya. Saat mengunduh bbm, ia tak berhasil. Mengawang-ngawanglah ia sejenak, dan akhirnya menemukan ide.

Adalah menghapus ip address dan port sim cardsolusinya, yang berlokasi setting, lalumenuju ke bagian wireless & networks,mengklik more, mobile network, access pointname, salah satu sim operator yang digunakannya, lalu membuka bagian gprs kemudian menghapus sesuai ide yangbaru saja ditangkapnya.

Braaak.

Ia kaget. Saat membuka bbmnya itu dan login dengan id biasanya, ia tak menyangka ternyata pin bb lamanya pun kembali. Bersyukurlah dia. Bagaikan manusia yang terlahir kembali. Tanpa dosa. Sebab, bila ganti rom, pasti pin bbmnyaberubah.

Udin lalu mencari cara agar hal ini tidaklah terjadi kembali. Mula-mula, Ia root ponselnya menggunakan framaroot. Lalu, setelah itu dipasangkannya pula aplikasi titanium backup yang sengaja ia buat menjadi pro menggunakan lucky patcher.

Ia pun mencadangkan bbmnya itu. Menurut pemahamannya, bilamana ia ganti rom, dengan muda pula ia mengembalikan aplikasi bbmnya serta data-datanya. Ia pun mencobanya dan akhirnya caranya berhasil. Pinbbm tetap, dan bebas ganti rom. Sesuka hati.
Suatu ketika, ia kehilangan backup bbmnya itu. Kepalanya pusing. Lebihpusing bahkan. Ia lalu mencari cara bagaimana mengembalikan pin bbnya tanpa memikirkan file yang telah dicadangkannya.

Pemuda ini hanya bisa pasrah. Bilamana gonta ganti  rom, ia tak perduli lagi pin bbmnya berubah. Meski,ia tahu titanium backup bisa membantu mempertahankan pin bbmnya yang boleh dikatakan elok, namun apalah daya, semuasudah terlanjur membuatnya sakit hati. “Ah, kok bisa seperti  ini,” Udin sering mengawang.

Beberapa saat kemudian, ketika menginstall bbm paska ganti rom, ketika itu pula ia memperhatikan betul kata-kata: “Pin bbm anda telah dirubah”. Ia iseng menekan cancel dan tak memperdulikan Switch bbm seperti yang ia lakukan sebelum-sebelumnya. Setelah dibukanya kembali, ternyatapin sebelumnya tak berubah. “Andai saja saya tahu begini solusinya, tak payahlah saya gunakan titatium backup,”pikir Udin.

Dua hari kemudian, ia teringat akan sesuatu. “Stockrom kan sama dengan hasil flashing Ulang,” katanya, “barangkaliini bisa membantu mengembalikan pin bbm saya”. Diunduhnya lah stockroom cross a7s jelly bean 4.1.2.

62 Responses to "Cara mengembalikan PIN BBM di Android ke semula"

  1. saya baru punya BBM, malah belum beli pulsa buat langganan...jadi baca mengembalikan pin bbm nya hanya baru bisa mlongo dulu deh yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siip mas tidak masalah,
      cuma sekedar berbagi informasi, terima kasih kunjungannya.

      Delete
    2. Mas, please help..android sya baru ke reset ulang kepengaturan awal, karena lupa id bb jadi sya reset passwd nya, ada email dr bb.com sya coba buka link nya, respon nya maskan nama pengguna yg sah/deacline. Apa sya hrs registrasi ulang dengan email yg sama, trs gimana dengan pin bbm nya apa msh bisa ke restore? :( tks

      Delete
    3. saya pernah alami seperti itu gimana cara perbaikinya

      Delete
  2. Sayang Mas, Saya tidak puya Android, jadi cuma bisa nyimak aja tips Cara mengembalikan PIN BBM di Android ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siip mas tidak masalah disimak saja dulu, mungkin besok atau lusa kalau punya ikuti saja instruksi di atas jika pin BBM nya berubah.

      Delete
    2. Pasti Mas, saya save dulu deh kalu begitu

      Delete
  3. Iya mas, alangkah bagusnya PIN BBM di Backup terlebih dahulu sebelum ganti ROM.

    ReplyDelete
  4. mas klo pakai titanium/stock rom di hp amdrood lama, trs pd saat ganti hp android baeu, apa stock room nya harus diinstal dr memory/dr appstore? agar pin bb android lama tetap? thanks before

    ReplyDelete
  5. pengin mengaktifakan BB lama, tp pin udah dipindah ke bbm android, gmn tuh solusinya gan.
    pliiis help me...

    ReplyDelete
  6. Pindah dulu ke BBM lama gan, selanjutnya back up bbm nya, dan pindah ke bbm baru.

    ReplyDelete
  7. bro..apa tiap kita ganti SIM pin BB android pasti berubah...padahal provider sama...
    mohon bantuannya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya gak berubah om, kalau ganti hp biasanya berubah, kalau pakai hp pin lama biasanya tetap.
      Terima kasih

      Delete
  8. gimana kalo HP kereset tidak sengaja, dan BBM hilang. tapi email+paswwd sama sekali gak ingat. sedangkan aq pengin pake PIN BBM yang lama itu, gmna caranya bos ? mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, itu emailnya diingat dulu, kalau ingat email bisa kita ambil lagi pin bbm lama, kalau masalah password email gak ingat itu bisa pakai nomor hp untuk request password baru.

      Delete
  9. kan hp saya memorinya penuh grgr bbm, jadi gabisa nerima sms
    nahh kalo bbmnya dihapus, terus kalo didownload lagi pin nya bakalan ganti ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa menurut pengalaman saya sendiri, kalau bbm dihapus, download versi baru, pin nya tetap sama, asalkan email yg dulu kita pakai masih ingat untuk login Blackberry Id.

      Delete
  10. Semua data ke reset sendiri , gimana cara mengembalikan data yg hilang dan mengembalikan pin bb yg lama mohon bantuannya :( karna penting banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih ingat email dan password Blackberry id bisa langsung login ulang, dan pin tetap sama jika hp masih pakai yg itu.

      Delete
  11. Maaf Mas mohon pencerahannya,saya barusan ganti hp baru,trus saya masukan email & password sesuai yang ada di hp lama tapi koq pin bbnya malah berubah ya,gimana cara pakai pin lama ? Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Hp saya yang baru belum saya root

    ReplyDelete
  13. bang, gmna ya cara masukan ID dan password yang lama ke bbm yang baru sja d.install, aq dah cba tpi gagal truss. soalx aq mau pin bbm yang lama kembali lagi.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah punya saya tidak berubah gan! hehe

    ReplyDelete
  15. Kalo sekarang dipencet cancel pas abis login malah keluar bbmnya

    ReplyDelete
  16. selamat siang bg
    saya mau nanya nih bang saya kan malam tadi baru aja ngehapus data bbm dari manajer aplikasi karena memorinya penuh, trus pas saya buka bbm malah loading dan disuruh buat akun lagi padahal saya maunya bbm saya yang lama balik lagi tuh gimana solusinya bang
    mohon bantuannya ya bg

    ReplyDelete
  17. malam gan.... kalo hp oppo aplikasi bbm terhapus, email dan pasword lupa,gmana ya cara mengembalikan id bbm..????

    ReplyDelete
  18. Met pagi Bang....
    Hp sy Baru ...syekh aktifkan bbm dgn email yg sama dgn hp sblmnya, semua no kontak dan group msh sama tpi PIN Nya Beda, guna caranya agar pin lama bisa kembali di hp baru.
    Keterangan : utk Hp jenis Android

    ReplyDelete
  19. Selamat malam,

    Mohon bantuannya :

    Saya menggunakan Bluestack untuk BBM di PC.
    Saya memiliki beberapa PC yang semuanya terinstal BBM, misalnya :
    PC 0
    PC 1
    PC 2
    PC 3, … dst

    Di PC 0 Saya Sign In menggunakan BBID 1 dan mendapat PIN 0

    Seiring waktu Contact BBID 1 ini sudah penuh, saya berencana untuk memindahkannya ke PC 1 ( yang masih bersih ).
    Saat saya Sign In di PC 1 menggunakan BBID 1, otomatis semua Contact saya akan berpindah ke PC 1 kan ya ? ( meskipun PIN1 nya berbeda ), bagi saya no problem, karena Contact memang sudah penuh.

    Setelah itu, di PC 0 Saya Sign In menggunakan BBID 2 dan BERHARAP mendapat PIN 0.
    ( namun saya sudah mencoba di PC dan Android, bahwa BBID Baru = PIN Baru )


    Bagaimana caranya ya agar di PC 0 TETAP mendapatkan PIN 0, meskipun Sign In dengan BBID yang berbeda ? Karena PIN 0 ini adalah PIN utama saya.


    Setelah Contact BBID 2 ini sudah penuh, saya berencana untuk memindahkannya ke PC 2 ( yang masih bersih ).
    Saat saya Sign In di PC 2 menggunakan BBID 2, otomatis semua Contact saya akan berpindah ke PC 2 kan ya ? ( meskipun PIN2 nya berbeda ), bagi saya no problem, karena Contact memang sudah penuh.

    Setelah itu, di PC 0 Saya Sign In menggunakan BBID 3 dan BERHARAP mendapat PIN 0.
    ( namun saya sudah mencoba di PC dan Android, bahwa BBID Baru = PIN Baru )


    Bagaimana caranya ya agar di PC 0 TETAP mendapatkan PIN 0, meskipun Sign In dengan BBID yang berbeda ? Karena PIN 0 ini adalah PIN utama saya.


    Demikian seterusnya untuk BBID lainnya dan PC lainnya ……


    Intinya saya membutuhkan banyak sekali Contact namun dengan hanya 1 PIN BB utama sebagai sarana Add n Invite Contact. Setelah Contact masuk, PIN BB berubah tidak masalah.

    Solusi sementara yang saya pikirkan adalah membeli HP merk Blackberry, karena PIN nya tertanam di perangkatnya, bukan begitu ? namun saya memiliki kendala :

    1. Saya tidak punya HP merk Blackberry
    2. Kalaupun saya membelinya, saya tidak tau Step By Step cara (sebelum / sesudah Sign Out nya ) dan Step By Step cara ( sebelum / sesudah Sign In dengan BBID yang baru ) karena kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal
    3. Saya memang sesuangguhnya berniat untuk BBM-an di PC / Android, karena menurut saya lebih nyaman

    Mohon banget bantuannya ya pak dan kawan2…saya sangat memerlukannya. Saya dapat dihubungi di 081357812643 atau warnettarakan@yahoo.com

    Terima kasih


    Selamat malam

    ReplyDelete
  20. Saya gamau ganti pin mas. Saya masih inget emailnya terus gmna? Ngikutin petunjuk ga masuk masuk

    ReplyDelete
  21. gan...bbm ane terhapus semuanya..bahkan hp nya udah sy reset ke produk pabriknya...tolong dong gan gmn cara mengembaliksnnya bbm gw neh

    ReplyDelete
  22. BBM New Material Design Lollipop udah tersedia di blackmart...
    Keren gan...terbaru namun belum keluar versi playstore nya

    ReplyDelete
  23. Mau tanya nih,,
    Waktu msuk bbm,,tiba.tiba aja hrus sign in,, udh sign tp ndak bsa,,
    Pas dilihat.lihat,,id bbm saya ada tambahan hrufnya (mis: khayla mnjadi khaylaz)$aya cek email ada info klo bb id brhasil dgnti,,tp saya ndak pernah gnti.
    Saya coba klik lupa kata sandi,,Ada pertanyaan pemulihan,,pertanyaannya pun ndak jelas (pertanyaan:zdcccccccc)
    Gimana ya caranya,,ada yg tau..
    Saya btuh pin lama..

    ReplyDelete
  24. Mas minta solusi dong.
    Hp saya kan eror terus sya reset data pabrik otomatis akun bbm kehapus.
    Pas sya mau sig-in pake id dg pass yg sama mlah masuk ke daftar akun baru lantaran nda baca baik" jadi daftar akun baru. Dan akhirnya jadilah akun baru dgn pin yg baru dgn id dan pass yg sama.
    Trs ini mau tanya caranya buka akun dan pin yg lama dg id dan pass yg sama bagaimana.?
    Mau hapus itu akun yg baru trs buka akun yg lama.
    Minta solusinya yaa ??!!!

    ReplyDelete
  25. Om saya kan masuk bbm sign in pake yg lama tp karena tdk fokus malah masuk ke buat baru.. gimana cara ngembaliinnya ke pin yg lama sedangkan gmail dan password yg saya masukkan sama semua

    ReplyDelete
  26. Om saya kan masuk bbm sign in pake yg lama tp karena tdk fokus malah masuk ke buat baru.. gimana cara ngembaliinnya ke pin yg lama sedangkan gmail dan password yg saya masukkan sama semua

    ReplyDelete
  27. mana jawabannya kok nihil semua...ditunggu jawaban atas semua pertanyaan.trims

    ReplyDelete
  28. saya sudah mencoba ka tapi kok ga seperti dulu pin nya itu..

    ReplyDelete
  29. gimana caranya om mengembalikan kontak yang sudah di delcont sama dia atau gak sengaja ke delcont sendiri?

    ReplyDelete
  30. Mohon bantuanx... Aplikasi bbm saya hilang... Terus saya download bbm lagi.. Tp saya ingin bbm pakek pin yg lama... Gimana caranya mengembalikan pin yang lama... Soalx kontakx penting banget..

    ReplyDelete
  31. 3 mnggu yg llu hp dcopet,nah bbm lp email n pasword gmn caranya pke bbm yg dlu lg y.

    ReplyDelete
  32. Nice Blog Quickbooks is the one of the best accounting software. We are providing technical support in Quickbooks Support Phone Number 1800 -986-4607. if you are facing any trouble in Quickbooks dial our Toll free number +1-800-986-4607 for quick response. Our executive is available 24*7.

    ReplyDelete
  33. href="https://istanbulolala.biz/">https://istanbulolala.biz/
    H1UZ

    ReplyDelete
  34. 493AC
    ----
    ----
    ----
    matadorbet
    ----
    ----
    ----
    ----
    ----

    ReplyDelete

1. Budayakan berkomentar dengan bahasa indonesia yang benar
2. Jangan mencoba berkomentar dengan komentar yang tidak berguna
3. Jangan meletakkan link yang aktif di komentar
4. Berkomentarlah seperlunya